Thursday, August 26, 2010

Spesies Bakteri Pemakan Minyak Terbaru ditemukan di Teluk Meksiko

Mikroba pemakan minyak jenis baru telah ditemukan di Teluk Meksiko, lokasi tumpahan minyak British Petroleum (BP). Peneliti menemukannya saat mempelajari penyebaran minyak di lokasi insiden ledakan kilang minyak Deepwater Horizon.

Kepala ilmuwan Terry Hazen mengatakan mikroba tersebut bekerja tanpa menghabiskan oksigen dalam jumlah yang signifikan. "Penemuan ini mungkin dapat membantu dalam mengurangi tumpahan minyak di dasar laut," ucap Hazen dalam jurnal Sciencexpress, Selasa (24/8) waktu setempat.

Penemuan ini berdasarkan 200 sampel yang diambil di 17 lokasi berbeda pada 25 Mei hingga 2 Juni silam. Peneliti menemukan bahwa mikroba dominan di antara tumpahan minyak adalah spesies baru, memiliki kemiripan dengan jenis Oceanospirillales.

Mikroba ini tumbuh subur di air dingin dalam temperatur hingga lima derajat Celsius. Hazen menduga bakteri ini mungkin telah beradaptasi saat minyak mulai menyembur di Teluk Meksiko. Ia khawatir kehidupan satwa laut terancam atas kemunculan spesies ini.

Penelitian ini didukung oleh Energy Biosciences Institute, rekan Universitas California dan Universitas Illinois yang didanai BP senilai US$ 500 juta. Sokongan lain berasal dari Kementerian Sumber Daya dan Energi Amerika Serikat serta Yayasan Penelitian Oklahoma.

1 comment:

Subscribe to: Post Comments (Atom)